Tuesday, November 22, 2011

Instalasi Driver ATI Radeon HD 6310 Pada Ubuntu 10.04


Bagi pengguna OS Linux, biasanya setelah instalasi OS, pada CD/DVD instalasi biasanya tidak disertai driver untuk kartu VGA. Kalau driver VGA-nya tidak diinstal, maka kita tidak bisa mengaktifkan visual effects ataupun menjalankan program seperti compiz. Dan ketajaman warna pada layar monitornya juga standar. Tidak sejernih dan setajam Windows 7 misalnya.

Oleh karena itu, kita harus menginstall driver VGA yang khusus dibuat untuk OS Linux. Drivernya bisa diunduh secara gratis dari internet. Cari saja pakai google. Masukkan kata kunci, misalnya seperti 'driver ATI Radeon HD 6310 for Linux' (tergantung pada tipe kartu VGA-nya). Kebetulan saya mendapatkannya dari website http://id.driverscollection.com. Banyak link website lainnya yang juga menyediakan driver VGA secara gratis.
Oke, berikut langkah-langkah instalasinya. Saya menggunakan OS Ubuntu 10.04 Lucid Lynx dengan kartu VGA ATI Radeon HD 6310 series.
  1. Unduh driver VGA dari website yang menyediakan secara gratis. Harus diperhatikan driver yang diunduh sesuai dengan jenis kartu VGA di komputer/laptopmu. File-nya umumnya berekstensi '.run' (waktu itu saya mengunduh file ati-driver-installer-11-9-x86.x86_64.run)
  2. Simpan pada direktori tertentu, misalnya /home/ozan/atidriver/ati-driver-installer-11-9-x86.x86_64.run. Diingat lokasi penyimpanannya ya.
  3. Jalankan file instalasi melalui terminal. Caranya buka terminal (Ctrl+Alt+T). ketik sudo sh <lokasidannamafile>. Misalnya sudo sh /home/ozan/atidriver/ati-driver-installer-11-9-x86.x86_64.run. Tekan enter, dan masukkan root password anda.
  4. Instalasi akan berjalan dalam mode grafis. Untuk mudahnya, ikuti saja alur instalasinya. Tidak perlu merubah parameter standar saat instalasi (tinggal klik next>next>next...dst).
  5. Setelah selesai, restart komputer dan lihat perbedaannya.

Kini visual effects dapat diaktifkan. Masuk ke System>Preferences>Appearance. Klik tab Visual Effects. Pilih Extra, kemudian klik close. Kalau sudah selesai, baru bisa instal ccsm (CompizConfig Settings Manager) untuk mengkustomisasi tampilan dan visual effects di OS Ubuntu anda agar tetangga di 'jendela' sebelah pada iri, hehe. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment